Kopling : Optimalisasi Pendistribusian Minuman Kopi Menggunakan Metode Berkrliling Bidang Pemasaran
Abstract
Perintisan bisnis kopi keliling saat ini memiliki peluang dan potensi yang
menjanjikan. Bagi masyarakat Indonesia meminum kopi telah menjadi sebuah gaya
hidup di masyarakat. Banyaknya pilihan tempat minum kopi di Yogyakarta
membuat konsumen memiliki banyak pertimbangan untuk menikmati kopi di kedai
kopi. Tujuan dari terciptanya perintisan bisnis ini karena peluang orang minum kopi
sangat banyak yang bisa dilihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi khususnya di
kota Yogyakkarta. Perintisan bisnis ini mengusung konsep dengan metode
berkeliling menggunakan motor yang dilengkapi dengan box sebagai wadah
penyimpanan peralatan dan perlengkapan kopi. Dalam pelaksanaannya, perintisan
bisnis Kopling telah memulai bisnisnya pada akhir bulan Mei 2023 hingga
sekarang. Dalam perintisan bisnis Kopling penulis memiliki fokus pada bagian
bidang pemasaran yang meliputi beberapa bagian yang telah disesuaikan dengan
kebutuhan dalam menjalankan bisnis ini. Pada laporan ini penulis menentukan
beberapa indikator seperti melakukan riset pasar, melakukan pembuatan logo usaha
dan desain kemasan, melakukan pengenalan produk melalui sosial media dan
melakukan personal selling, melakukan pembuatan konten pemasaran, serta
melakukan koordinasi bersama divisi keuangan dan produksi. Dalam
pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi. Namun dalam
permasalahan pastinya memiliki solusi yang dapat diatasi. Kesimpulan yang
diambil pada program kerja bidang pemasaran yaitu ditunjukkan dengan
terciptanya permasalahaan terkait konsumen yang ingin membutuhkan minuman
kopi dan pasar potensial melalui hasil selama berjualan keliling dan pemanfaatan
media sosial. Namun dalam bisnis yang dijalankan ini masih perlu adanya
optimalisasi terkait penentuan strategi kinerja aspek manajamen pemasaran pada
perintisan bisnis kopi keliling agar mampu membuat suatu bisnis dapat
terealisasikan dengan baik.
Collections
- Islamic Economics [826]