Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Belajar Siswa-siswi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-akaromah Kec. Bringin Kab. Ngawi Jawa Timur
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari problematika yang ada seperti minimnya
sopan santun siswa-siswi terhadap guru, seringnya absensi siswa, dan perilaku
merokok dari beberapa siswa saat jam istirahat. Penelitian ini bertujuan untuk 1.
Bagaimana analisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat
belajar siswa-siswi MA Al-karomah Kec. Bringin Kab. Ngawi pada mata pelajaran
akidah akhlak. 2. Apakah faktor yang paling mendominasi minat belajar siswa-
siswi MA Al-Karomah Kec. Bringin Kab. Ngawi pada mata pelajaran akidah
akhlak.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitain
deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari Kepala madrasah, Guru
Akidah Akhlak , Siswa-siswi kelas X, XI, dan XII di MA Al-Karomah Kec. Bringin
Kab. Ngawi. Teknik yang peneliti guankan yaitu teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dalam metode ini menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi dan analisis datanya menggunakan model analisis dari Sugiono
yang terdiri dari Reduksi Data, Data Display, dan Penarikan Kesimpulan.
Temuan hasil penelitian Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat
belajar siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak terdiri dari dua faktor yaitu
faktor internal dan faktor eksternal. Faktor-faktor internal yaitu kesadaran diri,
motivasi, belajar, dan intelegensi. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor teman,
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, pembelajaran yang interaktif dan
relevan, dan memberikan ruang diskusi. Faktor pendukung yang paling
mendominasi minat belajar siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak di MA
Al-Karomah Kec. Bringin Kab. Ngawi adalah pembelajaran interaktif yang relevan
dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang
memadainya fasilitas sarana dan prasarana yang ada.
Collections
- Islamic Education [863]