Pemanfaatan Media Internet oleh Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi
Abstract
Tidak dapat dipungkiri kehidupan saat ini sangat berdampingan dengan internet.
Internet merupakan alat yang digunakan oleh sang komunikator untuk menyampaikan pesan
kepada khalayak secara mudah dan cepat. Sebagaimana saat ini internet adalah sumber
informasi yang dibutuhkan oleh khalayak dalam mencari perkembangan berita yang
dibutuhkan melalui berbagai macam platform media yang tersedia. Kecepatan pertukaran
informasi dalam media internet membuat banyak pihak yang memanfaatan kehadiran internet
untuk melakukan pemasaran dan pelayanan informasi secara online. Seperti Serulingmas Zoo
yang memanfaatkan beberapa platform media berbasis internet untuk melakukan layanan
informasi kepada pengunjung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana peneliti
berupaya mendeskripsikan suatu keadaan yang diamati secara mendalam. Teori yang
digunakan yaitu komunikasi pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata, penggunaan media
sosial, dan pelayanan informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis
pemanfaatan media berbasis internet seperti website dan media sosial dalam kualitas
pelayanan informasi oleh Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara.
Hasil temuan penelitian adalah Divisi Marketing Serulingmas Zoo melakukan aktivitas
layanan informasi kepada pengunjung dengan menyediakan informasi secara up to date pada
website dan media sosial Instagram, Tiktok, serta Youtube. Divisi Marketing Serulingmas Zoo
juga melakukan upload konten di media sosial sesuai dengan tema yang sudah dijadwalkan,
melayani kebutuhan informasi pengunjung, serta membangun komunikasi yang baik dengan
pengunjung dalam menerima kritik dan saran.
Collections
- Communication [949]