Pengaruh Konten Tiktok Akun @bertjorak Terhadap Minat Beli Konsumen Tahun 2022
Abstract
Bertjorak merupakan salah satu local brand yang menjual pakaian bertemakan ceria
dan colourful. Bertjorak melakukan aktivitas promosi melalui konten yang diunggah melalui
TikTok. Followers Bertjorak sendiri sudah mencapai 4.068. TikTok menjadi sosial media
yang tepat untuk dijadikan sebagai sarana untuk membuat dan mengunggah konten dari
suatu brand untuk mempromosikan atau mereview produk atau dagangannya karena dapat
menjangkau konsumen dan bahkan berinteraksi secara langsung dengan para konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memperoleh informasi atau gambaran
mengenai pengaruh konten TikTok terhadap minat beli Bertjorak. Penulis menggunakan
beberapa konsep pendukung diantaranya Online Shop, Konten, Minat Beli, dan juga AIDA.
Penghimpunan data dilaksanakan memakai kuesioner yang dibuat melalui Google Form dan
disebar secara online. Di studi ini sampel berjumlah 99 responden memakai teknik non
probability dengan spesifikasi jenis teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh ialah
ada pengaruh yang dihasilkan oleh konten terhadap minat beli konsumen berdampak sebesar
75,9% sedangkan 24,1% lainnya dipangaruhi oleh faktor lain. Pengaruh Konten memiliki
hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan pada Minat Beli bernilai T-statistic
bernilai 30.172%. yang artinya memiliki nilai lebih besar dari 1.96, begitupun nilai path
coefficient yang bernilai 0.871 yang artinya memiliki nilai lebih besar dari 0. Sehingga hal
ini menunjukkan bahwa variabel minat beli dari Bertjorak berpengaruh terhadap konten
yang ditampilkan.
Collections
- Communication [952]