Representasi Perempuan Masa Kini dalam Video Klip Mamamoo – “HIP” (Analisis Semiotika John Fiske)
Abstract
Malahayati, Annisa. 17321054. Representasi Perempuan Dalam Video Klip MAMAMOO
“HIP” (Analisis Semiotika John Fiske). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia 2021.
Fenomena dan isu seputar perempuan di masyarakat merupakan topik yang tidak pernah
habis untuk dikupas dan diteliti. Selain itu, perkembangan teknologi menjadikan perempuan
dapat ikut serta membahas isu tentang mereka melalui berbagai platform, salah satunya video
klip. MAMAMOO merupakan girlgrup asal Korea Selatan yang banyak mengeluarkan lagu
bertema perempuan. Salah satunya adalah HIP yang dirilis pada 2019 lalu. Video klip “HIP”
menggambarkan berbagai profesi dan identitas perempuan di masyarakat, serta
menyampaikan isu-isu yang melekat. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti bagaimana
bentuk representasi perempuan di video klip tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika John Fiske, yang meneliti dengan tiga
level pendekatan, yakni pendekatan level realitas, level ideologi, dan level representasi dari
kode dan tanda yang muncul dalam video klip MAMAMOO – HIP. Objek penelitian ini
adalah video klip MAMAMOO berjudul “HIP” dengan mengambil beberapa scene yang
terbagi menjadi 12 scene terpilih, untuk selanjutnya diteliti adegan yang memiliki makna
representasi perempuan.
Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa ditemukan empat nilai representasi
perempuan, yaitu perempuan dan kepemimpinan, perempuan dan kebebasan, perempuan
yang bersuara, dan perempuan dengan keibuan. Keempat temuan tersebut merupakan bentuk
penggambaran ideologi feminisme postmodern. Representasi tersebut diperankan oleh para
member MAMAMOO dalam dua belas scene tersebut. Peneliti juga menemukan makna
dekonstruksi perempuan dari penggambaran perilaku dan penampilan di video klip tersebut.
Collections
- Communication [949]