Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Penggunaan E-money (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII Angkatan 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang dapat
mempengaruhi minat penggunaan e-money pada mahasiswa Fakultas Bisnis dan
Ekonomika Universitas Islam Indonesia Angkatan 2019 secara parsial maupun
simultan. Variabel penelitian ini terdiri dari, kemanfaatan = X1, kemudahan = X2,
keamanan = X3, pengaruh sosial = X4 dan minat penggunaan e-money = Y. Penelitian
ini menggunakan data primer, yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner online
menggunakan google form dengan 102 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan kemanfaatan, kemudahan, keamanan dan pengaruh sosial
terhadap minat penggunaan e-money pada mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Islam Indonesia Angkatan 2019 sebesar 82.3% dan sisanya 17.7%
dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
Collections
- Economics [2178]