Faktor- Faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional BPJS (Studi Kasus pada Peserta BPJS di Kota Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengkaji faktor-faktor yang memberikan
pengaruh pada kepuasan pelayanan kesehatan pada peserta Jaminan Kesehatan
Nasional BPJS. Metode yang di manfaatkan dalam penelitian ini yakni penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota
Yogyakarta pada masyarakat yang menggunakan pelayanan Jaminan Kesehatan
Sosial BPJS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta Jaminan
Kesehatan Sosial BPJS di Kota Yogyakarta. Sampel yang diambil pada penelitian
ini berjumlah 170 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik probability
sampling. Penelitian dilakukan dengan membagikan alat ukur penelitian berupa
angket pada responden yang selanjutnya dianalisa dengan teknik estimasi partial
least square. Dari analisis yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwasanya
variabel kinerja pelaksanaan program memberikan pengaruh postif pada kepuasan
layanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional BPJS, Komitmen program
berpengaruh postif terhadap terhadap kepuasan layanan kesehatan peserta jaminan
kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional dan Pengendalian internal berpengaruh
postif terhadap terhadap kepuasan layanan kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional
BPJS.
Collections
- Economics [2152]