Show simple item record

dc.contributor.authorZakiyyah, Azri
dc.date.accessioned2024-02-19T04:41:22Z
dc.date.available2024-02-19T04:41:22Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47532
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi komunikasi pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19 di SMKN 6 Pontianak serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 di SMKN 6 Pontianak. Pandemi covid-19 yang pada saat itu melanda dunia menyebabkan semua sektor menjadi terhambat tidak terkecuali sektor pendidikan. Kebijakan proses belajar di rumah pada jenjang pendidikan tentu menyebabkan berbagai gangguan besar, seperti kesulitan dalam proses penilaian, sistem pembelajaran siswa, dan berbagai macam pembatalan penilaian. SMKN 6 Pontianak merupakan salah satu sekolah kejuruan kriya seni di Pontianak yang memiliki program belajar lebih mengacu pada praktikum langsung sehingga perubahan besar dalam sistem pembelajaran jarak jauh menjadi perhatian yang sangat besar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengawali dengan teknik observasi dengan melakukan wawancara kepada beberapa jajaran pihak sekolah SMKN 6 Pontianak serta data sekunder berupa studi dokumen. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Dengan beberapa temuan berkaitan dengan indikator strategi komunikasi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, penyampaian bentuk pesan dari pendidik ke peserta didik, pemilihan metode pembelajaran yang dipilih oleh pendidik sebagai teknik dalam pembelajaran, media yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran, umpan balik yang menentukan indikator pemahaman dari peserta didik, hingga bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan pendidik untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami pembelajaran telah tercapai. Dari penelitian ini disimpulkan bentuk strategi komunikasi pembelajaran yang dilakukan oleh SMK N 6 Pontianak untuk menyesuaikan dengan keadaan pada masa pandemi covid-19 ialah sekolah mengubah sistem pembelajaran menjadi daring atau pembelajaran jarak jauh.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectPembelajaran Onlineen_US
dc.subjectPembelajaran Jarak Jauhen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pembelajaran Daring SMKN 6 Pontianak Selama Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321122


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record