Show simple item record

dc.contributor.authorMu’ammar, Zuhdi
dc.date.accessioned2024-02-06T06:46:37Z
dc.date.available2024-02-06T06:46:37Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47361
dc.description.abstractPengembangan wisata religi dinilai menjadi pengembangan pariwisata yang sangat baik pada keadaan sosial ekonomi dan budaya bagi sebuah daerah atau wilayah yang secara tidak langsung merasakan adanya dampak baik sosial maupun ekonomi. Di pulau Jawa sendiri terdapat banyak objek wisata religi tetapi minat masyarakat dalam merekomendasikan dan mengunjungi masih sedikit, oleh karena itu perlu adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk dari Wisatawannya dengan adanya minat berwisata religi yang sangatlah erat kaitannya dengan ketaatan seseorang terhadap agamanya. Minat untuk melakukan suatu perilaku dapat dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan membahas analisis minat masyarakat terhadap wisata religi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis minat masyarakat terhadap wisata religi dengan menggunakan pendekatan model Theory Of Planned Behavior (TPB). Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dengan metode survei dengan kuesioner yang disebarkan melalui broadcast ke media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Metode pengolahan data kuantitatif menggunakan analisis SEM PLS (Partial Least Square) dengan alat statistik SmartPLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Norma Subjektif (SN), Sikap (ATT) dan Literasi Wisata Religi (RTL) terdapat pengaruh signifikan terhadap niat merekomendasikan dan berkunjung kembali ke wisata religi. Sedangkan Kualitas Layanan (SQ), Kontrol Perilaku yang dirasakan (PBC) tidak diterima dan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat merekomendasikan dan berkunjung kembali ke wisata religien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTheory Of Planned Behavioren_US
dc.subjectWisata Religien_US
dc.subjectNiat untuk Merekomendasikanen_US
dc.subjectNiat untuk Berkunjung Kembalien_US
dc.subjectLiterasi Wisata Religien_US
dc.subjectKualitas Layananen_US
dc.titleAnalisis Minat Masyarakat terhadap Wisata Religi di Daerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19313138


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record