Show simple item record

dc.contributor.authorIzza, Erna Nurul
dc.date.accessioned2024-02-06T04:32:45Z
dc.date.available2024-02-06T04:32:45Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/47347
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir positif dengan kecemasan akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 225 responden dengan rentang usia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala berpikir positif yang telah diadaptasi oleh Albrecht (1994) dan skala kecemasan akademik yang telah diadaptasi oleh Ottens (1991). Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Pada hasil penelitian menunjukkan hasil korelasi r sebesar -0.175 dengan signifikan nilai p = 0.009 (p<0.05). Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBerpikir Positifen_US
dc.subjectKecemasan Akademiken_US
dc.subjectMahasiswa Bahasa Araben_US
dc.titleHubungan Antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Bahasa Araben_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19320036


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record