Hubungan Antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Bahasa Arab
dc.contributor.author | Izza, Erna Nurul | |
dc.date.accessioned | 2024-02-06T04:32:45Z | |
dc.date.available | 2024-02-06T04:32:45Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/47347 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir positif dengan kecemasan akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 225 responden dengan rentang usia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala berpikir positif yang telah diadaptasi oleh Albrecht (1994) dan skala kecemasan akademik yang telah diadaptasi oleh Ottens (1991). Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Pada hasil penelitian menunjukkan hasil korelasi r sebesar -0.175 dengan signifikan nilai p = 0.009 (p<0.05). Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis penelitian ini diterima. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Berpikir Positif | en_US |
dc.subject | Kecemasan Akademik | en_US |
dc.subject | Mahasiswa Bahasa Arab | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Bahasa Arab | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19320036 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Psychology [2270]