Hubungan Antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir positif dengan kecemasan
akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 225
responden dengan rentang usia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
kuantitatif. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala berpikir positif yang telah
diadaptasi oleh Albrecht (1994) dan skala kecemasan akademik yang telah diadaptasi oleh Ottens
(1991). Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan
antara berpikir positif dengan kecemasan akademik pada mahasiswa bahasa Arab. Pada hasil
penelitian menunjukkan hasil korelasi r sebesar -0.175 dengan signifikan nilai p = 0.009
(p<0.05). Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis
penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]