Manajemen Pemasaran Pada Jasa Desain Furniture Custom Wooden Art Furnichia
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil kayu jati terbesar
yang ada di dunia. Kabupaten Banyuwangi yang terletak di Jawa Timur merupakan
daerah terbanyak dalam memproduksi kayu jati yang disebabkan oleh hasil
kekayaan alam yang melimpah dibandingkan dengan daerah lain. Pasalnya,
beberapa negara Uni Eropa seperti hal nya jerman tertarik akan kayu jati yang
dihasilkan oleh Indonesia. Kualitas terbaik dan legalitas kayu jati yang tidak
mengakibatkan eksploitasi berlebihan dan tidak merusak lingkungan menjadi salah
satu sebab mengapa jerman tertarik dengan kayu jati Indonesia. Adanya berbagai
permasalahan produsen mebel yang saat ini sedang dialami. Dimulai dengan
ketrampilan dalam mendesain yang terlihat formal, pengetahuan yang belum
memadai, dan finishing yang belum maksimal. Dengan adanya hal tersebut, maka
penulis dan tim melihat peluang untuk membuka usaha terkait jasa desain mebel
furnitur Persaingan yang ketat dalam bisnis menimbulkan adanya permasalahan
dalam bentuk produksi mebel furniture di bidang inovasi dan kreasi yang nantinya
akan mampu bersaing baik nasional maupun internasional. Namun, sebelum
mencapai pasar internasional, penulis dan tim harus mampu memaksimalkan jasa
desain mebel tersebut yang berkualitas, sesuai dengan keinginan pasar, dan desain
tersebut mampu diterima di pasar nasional. Pengembangan bisnis yang dilakukan
diantaranya meliputi penjualan desain, hingga penjualan barang furniture yang
sudah jadi. Pada laporan ini, penulis memiliki tugas pada bidang pemasaran yang
bertanggung jawab terhadap pembuatan konten, dan promosi melalui sosial media
seperti Instagram atau facebook, yang dikoordinasikan dengan bidang keuangan
dan produksi terkait pemasaran. Pada analisis sebelumnya, penulis mendapatkan
hasil bahwa strategi pemasaran dari Woodent Art Furnichia belum terlalu maksimal
dikarenakan masih adanya masalah-masalah yang harus diselesaikan, yaitu dengan
cara membenahi sistem untuk melakukan langkah awal pemasaran untuk
melakukan pengenalan kepada masyarakat.
Collections
- Islamic Economics [826]