Peran Inovasi Model Bisnis pada Industri Perhotelan untuk mendukung Transisi dari Masa Krisis Covid-19 e Pasca Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana fase-fase pada industri perhotelan
melakukan transisi model bisnis dari masa pandemi ke pasca pandemi. Penelitian
yang ada mayoritas menganalisi bagaimana perusahaan melakukan inovasi model
bisnis dari masa normal menuju kondisi pandemi, akan tetapi bagaimana
perusahaan melakukan transisi dari masa pandemi menuju masa new normal belum
banyak mendapatkan perhatian. Pada kenyataannya, masa new normal setelah
pandemi tidak akan pernah sama dengan masa sebelum pandemi. Studi kasus di tiga
perusahaan perhotelan dengan pendekatan eksploratori diterapkan untuk
menganalisis fase-fase transisi model bisnis menuju new normal. Bukti empiris
berhasil mengidentifikasi tiga fase yang terdiri dari analisis survei internal dan radar
tren, visi, dan pengujian. Ketiga fase ini bukanlah urutan yang bersifat rigid, akan
tetapi bersifat iterative antara fase satu dengan lainnya. Dengan demikian, manajer
dituntut untuk memiliki kemampuan untuk memutuskan apakah model bisnis yang
sedang menjalani transisi dapat melanjutkan ke fase berikutnya atau beriterasi
dengan tahapan sebelumnya.
Collections
- Master of Accountancy [221]