Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pegawai Untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah Atau Konvensional Studi Kasus Di Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir jasa layanan semakin mendapatkan perhatian dari
kalangan dunia usaha, terutama pada industri atau perusahaan yang bergerak dalam
bidang jasa seperti halnya perbankan yang tumbuh dan berkembang, semakin banyak
menawarkan berbagai jenis produk perbankan dan jasa perbankan. Hal ini
menyebabkan usaha perbankan menghadpi persaingan yang sangat ketat apalagi
didukung dengan semakin mudahnya prosedur mendirikan Bank dan membuka
jaringan kantor cabang, gencarnya promosi dan pemasangan iklan, serta menawarkan
produk tabungan berhadiah. Keputusan nasabah untuk menabung merupakan efek
akhir dari suatu pembelian yang diartikan sebagai sikap dan niat untuk berperilaku di
masa depan dan diekspresikan melalui hal – hal seperti : komitmen untuk membeli
produk dari perusahaan jika membutuhkan produk lainnya, komitmen untuk
memberikan rekomendasi pada orang lain, niat untuk menambah jumlah tabungan,
niat atau keinginan memberikan hal – hal positif perusahaan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari faktor - faktor Produk, Pelayanan,
Promosi, Lokasi apakah berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menabung
di bank syariah atau konvensional, selain itu untuk mengetahui faktor yang paling
dominan dari 4 faktor tersebut dalam menentukan keputusan untuk menabung.
Metode pengambilan data yang digunakan dengan cara membagi kuisioner dengan
responden seluruh pegawai kementerian agama kabupaten wonogiri. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa variable promosi sangat berpengaruh signifikan, hal ini di
sebabkan banyaknya promosi dari bank konvensional yang berada di media cetak
maupun elektronik dibandingkan dengan bnak syariah yang kurang dalam hal
promosi.
Collections
- Islamic Economics [855]