Show simple item record

dc.contributor.authorSyahputri, Adelia Dwi
dc.date.accessioned2024-01-30T04:59:14Z
dc.date.available2024-01-30T04:59:14Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47186
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi pengelolaan kecerdasan emsoional guru. Saat mengajar guru akan bertemu dengan karakter siswa yang berbeda di kelas. Namun tidak semua karakter siswa dapat diterima oleh guru. Sehingga guru harus memiliki dan mampu mengelola kecerdasan emosional yang baik untuk mengendalikan suasana kelas agar tetap efektif untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Kecerdasan Emosional (EQ) guru terhadap efektifitas pembelajaran kelas XI dalam mata pelajaran fiqih di MAN 5 Sleman, serta menjabarkan faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian pengelolaan kecerdasan emosional guru terhadap efektivitas pembelajaran kelas XI dalam mata pelajaran fiqih di MAN 5 Sleman dan mendeskripsikan cara guru dalam mengelola Kecerdasan Emosional (EQ) saat pelajaran fiqih kelas XI di MAN 5 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara terstruktur, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta untuk penyajian data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan cara guru dalam mengelola emosi saat belajar adalah dengan mengantisipasi terlebih dahulu situasi dan kondisi di kelas serta guru dan peserta didik harus berkoordinasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan adanya peran kepala madrasah untuk meningkatkan pengelolaan kecerdasan emosional guru dengan mengadakan seminar mengenai pengelolaan emosi yang diikuti oleh guru.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitas Pembelajaranen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.titlePeran Kecerdasan Emosional Guru Pada Efektivitas Pembelajaran Fiqih Kelas XI di MAN 5 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422167


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record