Peran Kecerdasan Emosional Guru Pada Efektivitas Pembelajaran Fiqih Kelas XI di MAN 5 Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi pengelolaan kecerdasan
emsoional guru. Saat mengajar guru akan bertemu dengan karakter siswa yang
berbeda di kelas. Namun tidak semua karakter siswa dapat diterima oleh guru.
Sehingga guru harus memiliki dan mampu mengelola kecerdasan emosional yang
baik untuk mengendalikan suasana kelas agar tetap efektif untuk belajar. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Kecerdasan Emosional (EQ) guru
terhadap efektifitas pembelajaran kelas XI dalam mata pelajaran fiqih di MAN 5
Sleman, serta menjabarkan faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian
pengelolaan kecerdasan emosional guru terhadap efektivitas pembelajaran kelas XI
dalam mata pelajaran fiqih di MAN 5 Sleman dan mendeskripsikan cara guru dalam
mengelola Kecerdasan Emosional (EQ) saat pelajaran fiqih kelas XI di MAN 5
Sleman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pemilihan informan
dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis
wawancara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara terstruktur, dan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta untuk penyajian data dalam
penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan cara guru dalam mengelola emosi saat belajar
adalah dengan mengantisipasi terlebih dahulu situasi dan kondisi di kelas serta guru
dan peserta didik harus berkoordinasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan
efektif dan adanya peran kepala madrasah untuk meningkatkan pengelolaan
kecerdasan emosional guru dengan mengadakan seminar mengenai pengelolaan
emosi yang diikuti oleh guru.
Collections
- Islamic Education [864]