Show simple item record

dc.contributor.authorHermayana, Silvi Anggun
dc.date.accessioned2024-01-30T04:54:25Z
dc.date.available2024-01-30T04:54:25Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47185
dc.description.abstractAnak tunagrahita memiliki keterbatasan kecerdasan akademik, IQ dibawa rata-rata, daya ingat yang lemah, serta perkembangannya lambat. Sehingga membutuhkan binaan khusus. Meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki anak tunagrahita tetap memiliki kewajiban terhadap tuhannya untuk beribadah. Guru sebagai pendidik dan orang yang dekat dengan peserta didik memiliki kewajiban untuk mengajarkan dua ibadah yang tidak dapat dipisahkan yakni shalat dan wudhu. Penelitian bertujuan mendeskripsikan apaa dan bagaimana metode pembelajaran shalat dan wudhu bagi anak tunagrahita di SLB N 1 Sleman serta hasil dari pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa penyandang tunagrahita di SMPLB Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran shalat dan wudhu bagi anak tunagrahita adalah metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode drill. Hasil dari pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran anak tunagrahita lebih efektif, efisien dan berdampak besar dengan menggunakan metode drill, anak tunagrahita akan memperoleh hasil pada tiga ranah, hal ini ditandai dengan adanya pekermbangan kemampuan motorik anak tunagrahita, melatih daya ingat dan sifat yang muncul karena pembiasaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTunagrahitaen_US
dc.titleMetode Pembelajaran Shalat dan Wudhu bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri 1 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422077


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record