Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Agnes Idaliani
dc.date.accessioned2024-01-30T03:15:31Z
dc.date.available2024-01-30T03:15:31Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47164
dc.description.abstractPenelitian dilatar belakangi oleh asistentsi SMK TI Bali Global Denpasar dalam menyelenggarakan pendidikan agama yang disesuaikan dengan ragam agama peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengidentifikasi jenis model pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama di SMK TI Bali Global Denpasar. 2. Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran pada pendidikan agama di SMK TI Bali Global Denpasar. 3. Menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran pada pendidikan agama di SMK TI Bali Global Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Hindu, guru pendidikan agama Kristen, dan peserta didik SMK TI Bali Global Denpasar. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan agama dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan agama di SMK TI Bali Global Denpasar yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen, Islam dan Hindu berbeda-beda. Pendidikan Agama Kristen menggunakan model pembelajaran Kontekstual dan Kooperatif. Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek, kontekstual dan discovery. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Implementasi model pembelajaran pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dominan dilakukan dengan cara diskusi dan mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata. Pembalajaran pendidikan agama Islam dominan dengan cara praktik, studi kasus, serta memberi stimulus kepada peserta didik untuk aktif. Sedangkan pembelajaran pendidikan agama Hindu dominan dengan cara memberikan ruang kepada peserta didik untuk menyelesaikan masalah, menyampaikan pendapat serta mengembangkan ide dan pemikiriannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agamaen_US
dc.subjectSMK TI Bali Global Denpasaren_US
dc.titleModel Pembelajaran Pendidikan Agama di SMk TI Bali Global Denpasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422114


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record