Model Pembelajaran Pendidikan Agama di SMk TI Bali Global Denpasar
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh asistentsi SMK TI Bali Global Denpasar dalam
menyelenggarakan pendidikan agama yang disesuaikan dengan ragam agama peserta
didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengidentifikasi jenis model pembelajaran
yang digunakan dalam pendidikan agama di SMK TI Bali Global Denpasar. 2.
Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran pada pendidikan agama di SMK
TI Bali Global Denpasar. 3. Menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi model pembelajaran pada pendidikan agama di SMK TI Bali Global
Denpasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Hindu,
guru pendidikan agama Kristen, dan peserta didik SMK TI Bali Global Denpasar.
Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Objek penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan
agama dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan
agama di SMK TI Bali Global Denpasar yang digunakan dalam pembelajaran
pendidikan agama Kristen, Islam dan Hindu berbeda-beda. Pendidikan Agama Kristen
menggunakan model pembelajaran Kontekstual dan Kooperatif. Pendidikan Agama
Islam menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek,
kontekstual dan discovery. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Implementasi model
pembelajaran pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dominan dilakukan
dengan cara diskusi dan mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata. Pembalajaran
pendidikan agama Islam dominan dengan cara praktik, studi kasus, serta memberi
stimulus kepada peserta didik untuk aktif. Sedangkan pembelajaran pendidikan agama
Hindu dominan dengan cara memberikan ruang kepada peserta didik untuk
menyelesaikan masalah, menyampaikan pendapat serta mengembangkan ide dan
pemikiriannya.
Collections
- Islamic Education [908]