Mekanisme Produksi Bisnis Sambal Kampus; Produk Olahan Sambal Kemasan Praktis Dan Tahan Lama Dengan Berbagai Varian Isian
Abstract
Kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas
menjadikan permintaan terhadap sambal terus meningkat dan mulai beragam
terutama sambal yang berada dalam kemasan karena dianggap lebih praktis untuk
dikonsumsi. Hal ini menjadi peluang dalam membangun sebuah usaha sambal
kemasan dengan target pasar kaum pelajar dan juga pekerja. Dalam setiap
pelaksanaan bisnis tentu harus memiliki perencanaan dan juga manajemen dalam
berbagai aspek, baik dari segi produksi, pemasaran, serta aspek keuangan. Pada
laporan perintisan bisnis kali ini, penulis akan berfokus pada aspek produksi terkait
perencanaan produksi, manajemen produksi, dan strategi produksi. Produksi adalah
sebuah proses mengubah suatu barang atau benda menjadi sesuatu yang lebih
bernilai. Pada laporan ini penulis melaporkan aspek produksi dari bisnis Sambal
Kampus, yaitu melakukan survei mitra bahan baku, menentukan alur produksi,
menentukan produk dengan kualitas rasa yang terjamin dan konsisten. Pada hasil
laporan ini juga menunjukkan bahwa rata-rata konsumen dari usaha Sambal
Kampus merasa puas dengan produk Sambal kampus baik dari segi kualitas rasa,
rasa produk (performance), kepuasan konsumen terhadap tingkat kepedasan
(feature), kepuasan konsumen terhadap kemasan (design).
Collections
- Islamic Economics [827]