Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Afifah Nur
dc.date.accessioned2024-01-30T03:08:47Z
dc.date.available2024-01-30T03:08:47Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47162
dc.description.abstractPenelitian ini di latar belakangi dari maraknya anak muda yang kurang berperilaku terpuji saat ini, sehingga perlu melihat bagaimana peran guru dalam mengatasi masalah tersebut di MTs N 4 Sleman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik, fasilitator dan faktor pendukung serta penghambat guru dalam meningkatkan perilaku islami kepada peserta didik di MTs N 4 Sleman. Untuk mengetahui strategi dan peran guru dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik, maka peneliti memilih menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs N 4 Sleman dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru agama dan informan tambahan yaitu peserta didik. Hasil Penelitian menyatakan bahwa peran guru sebagai pendidik dilakukan dengan menjadi panutan yang baik, sekaligus bertanggung jawab atas pembinaan akhlak anak didik nya. Peran guru sebagai fasilitator dilakukan dengan memberikan kemudahan dalam proses meningkatkan akhlakul kharimah dan mengingatkan jika peserta didik melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Sedangkan faktor pendukung dilakukan dengan mengadakan sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan pihak sekolah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Faktor penghambat guru antara lain latar belakang peserta didik yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan) dan pengaruh dari tv dan gadget. Disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendidik, fasilitator ada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari perilaku peserta didik sudah mampu berperilaku dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Guru Agamaen_US
dc.subjectPerilaku Islamien_US
dc.subjectMTs N 4 Slemanen_US
dc.titlePeran Guru dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik di MTs Negeri 4 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422169


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record