Peran Guru dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik di MTs Negeri 4 Sleman
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari maraknya anak muda yang kurang berperilaku
terpuji saat ini, sehingga perlu melihat bagaimana peran guru dalam mengatasi masalah
tersebut di MTs N 4 Sleman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai
pendidik, fasilitator dan faktor pendukung serta penghambat guru dalam meningkatkan
perilaku islami kepada peserta didik di MTs N 4 Sleman. Untuk mengetahui strategi
dan peran guru dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik, maka peneliti
memilih menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
MTs N 4 Sleman dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru agama dan informan
tambahan yaitu peserta didik. Hasil Penelitian menyatakan bahwa peran guru sebagai
pendidik dilakukan dengan menjadi panutan yang baik, sekaligus bertanggung jawab
atas pembinaan akhlak anak didik nya. Peran guru sebagai fasilitator dilakukan dengan
memberikan kemudahan dalam proses meningkatkan akhlakul kharimah dan
mengingatkan jika peserta didik melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Sedangkan
faktor pendukung dilakukan dengan mengadakan sarana dan prasarana yang memadai
dan dukungan pihak sekolah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Faktor penghambat
guru antara lain latar belakang peserta didik yang kurang mendukung, lingkungan
masyarakat (pergaulan) dan pengaruh dari tv dan gadget. Disimpulkan bahwa peran
guru sebagai pendidik, fasilitator ada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari
perilaku peserta didik sudah mampu berperilaku dengan baik.
Collections
- Islamic Education [918]