Strategi Guru dalam mengatasi Kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N Rejosari Kab. Sleman
Abstract
Guru memiliki peran kunci dalam pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan
nasional. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kemampuan membaca
dan menulis Al-Qur’an sangat penting. Oleh karena itu, strategi pengajaran guru
menjadi kunci. Guru harus mempertimbangkan motivasi siswa, lingkungan belajar,
dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi guru
dalam mengatasi kesulitan membaja dan menulis Al-Qur’an siswa kelas V di SD N
Rejosari Kabupaten Sleman untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Metode utama pengumpulan data dalam penelitian kualitatif adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian difokuskan pada siswa
kelas V, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Kepala Sekolah, di SD N Rejosari
Kabupaten Sleman. Analisis data dilakukan melalui pengorganisasian data,
menafsirkan dan merumuskan data, dan mengambil kesimpulan akhir. Uji
keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas V di SD N Rejosari Kabupaten
Sleman memiliki kesulitan membaca dan menuis Al-Qur’an serta kurangnya
motivasi dalam belajar. Dengan kerjsama antara guru, tenaga ahli, dan orangtua
untuk menumbuhkan kecintaan dalam belajar, kolaborasi dalam pembelajaran Al-
Qur’an juga untuk membantu strategi Guru PAI dalam berjuang secara akademis.
Collections
- Islamic Education [862]