Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Risma
dc.date.accessioned2024-01-29T03:31:28Z
dc.date.available2024-01-29T03:31:28Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47101
dc.description.abstractPermasalahan yang dihadapi MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo yaitu kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran fikih. Sehingga dengan begitu guru tidak mengetahui siswa yang sebenarnnya belum faham terhadap pembelajaran tersebut. Kurangnya metode pembelajaran yang efektif pada mata Pelajaran fikih menjadikan peserta didik pasif dalam pembelajaran dan kurangnya pemahaman mengenai hukum - hukum islam. Masalah ini harus segera diatasi karena pentingnya pembelajaran fikih di MI Muhammadiyah Gayam karena mata pelajaran ini sebagai pedoman dalam kehidupannya sehari-hari serta peserta didik nanti dapat mengamalkannya pada dirinya ataupun lingkungan masyarakat sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena penelitian ini dilakukan dengan kondisi yang alamiah (natural setting). Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah praktis dalam masyarakat, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket dengan informan penelitian adalah guru mata pelajaran fikih dan peserta didik kelas II MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi dan analisis data menggunakan model milik Miles and Hubarman reduksi, penyajian data, verifikasi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini adalah keaktifan siswa kelas II MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo lebih meningkat dibading sebelum adanya penerapan metode demonstrasi karena dengan adanya metode demonstrasi peserta didik jadi lebih aktif dan ikut berkontribusi dalam parktik pada materi shalat. Hal ini berdampak kepada pemahaman peserta didik yang lebih bermakna sehingga mudah diingat dan dipraktikkan di kehidupan sehari-harinya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFikihen_US
dc.subjectDemonstrasien_US
dc.subjectKeaktifanen_US
dc.titleImplementasi Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fikih untuk mengaktifkan Pembelajaran Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Gayam Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18422108


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record