Pengaruh Kesadaran Konsumen, Kepercayaan dan Jaminan atas Ketidakpastian terhadap Adopsi Digital Banking Syariah (Studi Kasus Nasabah Digital Banking Bank Syariah Indonesia)
Abstract
Pada era digital ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat salah satunya
dalam dunia perbankan. Perilaku nasabah banyak yang berubah dalam melakukan
transaksi perbankan. Layanan digital banking merupakan pelayanan yang diberikan
oleh Bank BSI untuk nasabah yang berguna untuk memberikan kemudahan bagi
nasabah bertransaksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran
konsumen, kepercayaan dan jaminan atas ketidakpastian terhadap adopsi digital pada
Banking Syariah. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif yaitu teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner angket, serta teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Jumlah sampel ini diambil dari beberapa nasabah BSI di seluruh Indonesia
khususnya 13 provinsi dan berjumlah 200 nasabah. Metode analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan evaluasi
structural dan diakhiri pengujian hipotesis dengan R square, path cowfficient, dan T
statistic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh kesadaran konsumen X1
terhadap variabel Y memiliki nilai path coefficient 0,477 dan variabel endogennya
menunjukkan nilai T statistik 8,437 (>1,96) dan p values-nya 0,000 (<0,05) yang
artinya positif dan signifikan. Kemudian Hasil dari penelitian ke dua menunjukkan
bahwa pengaruh kepercayaanX2 terhadap variabel Y nilai path coefficient 0,179 dan
variabel endogennya nilai T statistik 2,046 (> 1,96) dan p values-nya 0,041 (<0,05)
yang artinya positif dan signifikan. Dan yang terakhir, hasil menunjukkan bahwa
variabel jaminan atas ketidakpastian X3 terhadap variabel Y memiliki nilai path
coefficient 0,238 dan variabel endogennya menunjukkan nilai T statistik 2,932 (>
1,96) dan p values-nya 0,003 (<0,05) yang artinya positif dan signifikan.
Collections
- Islamic Economics [827]