Implementasi Sustainable Marketing Enterprise (SME) dalam Persaingan Industri Produk Herbal Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada CV. Agradaya Indonesia)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi Sustainable
Marketing Enterprise (SME) di CV. Agradaya Indonesia dalam menghadapi
pertumbuhan persaingan pada industri produk herbal yang kian dinamis dari waktu
ke waktu dilihat dari perspektif ekonomi islam. Pendekatan dalam penelitian ini
mengunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan observasi di
CV. Agradaya Indonesia, dan melakukan wawancara kepada pendiri dan Chief
Executive Officer, karyawan, konsumen, dan serta melakukan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa CV. Agradaya Indonesia telah
mengimplementasikan dari keseluruhan sub model marketing dalam konsep
Sustainable Marketing Enterprise yang meliputi: 1) Outlook yang terdiri dari 4C-
Diamond (Perubahan, konsumen, Pesaing dan Perusahaan). 2) Architectur yang
terdiri dari strategi (Segmentasi, Targeting dan Posisi), Taktik (Diferensiasi, Bauran
Pemasaran 4P dan Penjualan), Nilai (Merek, Pelayanan, dan Proses). 3) Scorecard
dari tiga pemangku kepentingan (Orang-orang, Konsumen dan Shareholder) serta
telah sesuai dengan prinsip Kesatuan (Tauhid), Kebolehan (Ibahah), Keadilan (al-
Adl), Kehendak Bebas (al-Hurriyah), Pertanggungjawaban, Kebajikan dan
Kejujuran, Kerelaan (ar-Ridha), Kemanfaatan, dan Larangan Riba.. Persaingan
akan terus bergerak secara dinamis dari masa -ke masa oleh karena itu penelitian
kedepannya perlu mengkaji lebih jauh terkait perubahan, politik, ekonomi dan
budaya dengan lebih holistik serta menggunakan pendekatan mixed methode dalam
mengekplorasi studi tentang marketing perspektif ekonomi islam.
Collections
- Islamic Economics [827]