Show simple item record

dc.contributor.authorIstiqomah, Galuh Khusniar
dc.date.accessioned2024-01-29T02:51:27Z
dc.date.available2024-01-29T02:51:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47091
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pandemi COVID-19 di era revolusi industri 4.0, sehingga konsep pendidikan di Indonesia bertransformasi ke arah digital. Dampak tersebut yang membuat terjadinya penerapan model pembelajaran Hybrid sebagai solusi dari permasalahan proses pembelajaran pada era pandemi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses keterlaksanaan pembelajaran Hybrid serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mengetahui sacara mendalam sebuah proses keterlaksaan pembelajaran Hybrid yang telah diterapkan MAN 1 Yogyakarta terkhusus pada kelas XI. Adapun data yang diperoleh yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah reduksi, display, dan verifikasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling dimana penentuan informan dipertimbangkan atas seseorang yang paling tahu mengenai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran Hybrid di MAN 1 Yogyakarta yang dilalui dengan tiga tahap yakni pertama tahap kesiapan, dimana madrasah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam implementasi pembelajaran Hybrid. Tahap kedua yakni tahap implementasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tahap ketiga merupakan tahap evaluasi pelaksanaan pembelajaran Hybrid. Juga adanya beberapa faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana faktor tersebut berkontribusi dalam pembelajaran. Pembelajaran Hybrid menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang cocok diterapkan di era teknologi sekarang ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectRevolusi Industri 4.0en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectHybrid Learningen_US
dc.titleAnalisis Keterlaksanaan Pembelajaran Hybrid Siswa Kelas XI di MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422160


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record