Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Hybrid Siswa Kelas XI di MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pandemi COVID-19 di era
revolusi industri 4.0, sehingga konsep pendidikan di Indonesia bertransformasi ke
arah digital. Dampak tersebut yang membuat terjadinya penerapan model
pembelajaran Hybrid sebagai solusi dari permasalahan proses pembelajaran pada
era pandemi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses
keterlaksanaan pembelajaran Hybrid serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif untuk mengetahui sacara mendalam sebuah proses keterlaksaan
pembelajaran Hybrid yang telah diterapkan MAN 1 Yogyakarta terkhusus pada kelas
XI. Adapun data yang diperoleh yakni melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi yang dianalisis dengan langkah reduksi, display, dan verifikasi. Teknik
penentuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling dimana penentuan
informan dipertimbangkan atas seseorang yang paling tahu mengenai objek
penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran Hybrid di MAN 1
Yogyakarta yang dilalui dengan tiga tahap yakni pertama tahap kesiapan, dimana
madrasah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam implementasi
pembelajaran Hybrid. Tahap kedua yakni tahap implementasi pembelajaran dalam
proses belajar mengajar. Tahap ketiga merupakan tahap evaluasi pelaksanaan
pembelajaran Hybrid. Juga adanya beberapa faktor pendukung dan penghambat
serta bagaimana faktor tersebut berkontribusi dalam pembelajaran. Pembelajaran
Hybrid menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang cocok diterapkan di
era teknologi sekarang ini.
Collections
- Islamic Education [862]