Show simple item record

dc.contributor.authorWinarta, Ravita Dewi Ardi
dc.date.accessioned2024-01-26T02:41:31Z
dc.date.available2024-01-26T02:41:31Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47060
dc.description.abstractPenelitian ini berlatar belakang dari kemampuan membaca Al-Qur’an siswa jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang belum cukup baik dan benar atau bisa dikatakan masih dasar/pra dasar. Hal ini dikarenakan sebagian siswa tidak mendapatkan pendidikan Al-Qur’an yang layak, baik di lingkungan keluarga ataupun di lingkungan masyarakat melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Sehingga siswa hanya bergantung pada kegiatan BTAQ di madarasah yang dilaksanakan seminggu sekali. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan BTAQ di MTs YAPI Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi informan ialah koordinator BTAQ, guru Al-Qur’an Hadis, guru pengampu BTAQ, siswa dan wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs YAPI Pakem masih belum memenuhi standar dikarenakan banyak yang belum mengusai ilmu tajwid. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berupa: 1) Membentuk program BTAQ dan mewajibkan setiap siswa untuk mengikuti program tersebut, 2) Berinovasi dalam menyampaikan pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan 3) Memberikan motivasi kepada siswa untuk terus belajar dan cinta Al-Qur’an. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu: 1) Latar belakang siswa yang masih kurang dalam mendapatkan pendidikan Al-Qur’an, 2) Kurangnya minat siswa dalam mempelajari Al-Qur’an, 3) Kurangnya perhatian dan dukungan dari orangtua, dan 4) Jumlah siswa yang lebih banyak dari guru pengampu BTAQ.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectMembaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan BTAQ di MTs Yapi Pakemen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422057


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record