Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan BTAQ di MTs Yapi Pakem
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari kemampuan membaca Al-Qur’an siswa
jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang belum cukup baik dan benar atau bisa
dikatakan masih dasar/pra dasar. Hal ini dikarenakan sebagian siswa tidak
mendapatkan pendidikan Al-Qur’an yang layak, baik di lingkungan keluarga
ataupun di lingkungan masyarakat melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).
Sehingga siswa hanya bergantung pada kegiatan BTAQ di madarasah yang
dilaksanakan seminggu sekali. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui lebih dalam bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan BTAQ di
MTs YAPI Pakem.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan
pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif
analisis. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling,
sehingga yang menjadi informan ialah koordinator BTAQ, guru Al-Qur’an Hadis,
guru pengampu BTAQ, siswa dan wali siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa kelas VIII di MTs YAPI Pakem masih belum memenuhi standar dikarenakan
banyak yang belum mengusai ilmu tajwid. Upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berupa: 1) Membentuk program BTAQ
dan mewajibkan setiap siswa untuk mengikuti program tersebut, 2) Berinovasi
dalam menyampaikan pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan 3) Memberikan motivasi
kepada siswa untuk terus belajar dan cinta Al-Qur’an. Adapun kendala yang
dihadapi guru yaitu: 1) Latar belakang siswa yang masih kurang dalam
mendapatkan pendidikan Al-Qur’an, 2) Kurangnya minat siswa dalam mempelajari
Al-Qur’an, 3) Kurangnya perhatian dan dukungan dari orangtua, dan 4) Jumlah
siswa yang lebih banyak dari guru pengampu BTAQ.
Collections
- Islamic Education [863]