Strategi Pengembangan Bisnis Jasa Pembuatan Buket Dried Flower (Aspek Pemasaran)
Abstract
Saat ini, jasa pembuatan buket bunga menjadi produk yang potensial dalam dunia
bisnis. Adanya peningkatan pada minat masyarakat terhadap bisnis buket bunga,
menjadi faktor berkembangnya berbagai ide serta inovasi yang dihasilkan guna
memenuhi kebutuhan konsumen terhadap jasa pembuatan buket bunga. Mengacu
pada hasil survei dan observasi yang telah dilakukan terhadap bisnis camilan,
penulis dan tim memilih untuk mengembangkan bisnis Iluna Florist. Beberapa
produk yang sudah dijual di Indonesia memiliki beragam roduk yang bervariasi
namun memerlukan perbaikan dari segi pengembangan, yaitu pada inovasi produk.
Pada perintisan Bisnis kali ini, penulis dan kelompok melakukan Perintisan Bisnis
yang berjudul Dried Flower; Pengembangan bisnis jasa pembuatan buket Dried
Flower. Perintisan bisnis dilaksanakan pada Bulan Februari 2022 sampai dengan
Oktober 2022. Penjualan dilakukan melalui sosial media Instagram,dan Whatsapp,
pengantaran secara langsung, dan Cash On Delivery. Pada laporan ini penulis
melaporkan aspek pemasaran dari bisnis Iluna Florist, yaitu Research Marketing,
membuat rancangan, melaksanakan program strategi aspek pemasaran,membuat
konten atau. Pada analisis sebelum pelaksaan, bisnis Iluna Florist dinyatakan layak
untuk dijalankan. Pada analisis terakhir yang dilakukan, program kerja bidang
pemasaran telah terlaksana dengan baik ditunjukkan dengan terciptanya brand
awareness dan pasar potensial terhadap merek dan produk bisnis Iluna Florist,
namun masih perlu adanya optimalisasi pada penentuan strategi kinerja aspek
pemasaran dan sinkronisasi dengan kondisi produksi dan keuangan pada perintisan
bisnis.
Collections
- Islamic Economics [836]