Penerapan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Strategi Pemasaran di Kantor Pos Besar Yogyakarta Tinjauan Pemasaran Islami
Abstract
Perusahaan di bidang jasa pengiriman atau ekspedisi di Indonesia berkembang sangat pesat
dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu mengakibatkan persaingan pasar yang ketat antar
perusahaan pada jasa tersebut. PT. Pos Indonesia (Persero) adalah salah satu contoh perusahaan
yang juga bergerak di bidang jasa pengiriman yang masih tetap eksis hingga saat ini wlaupun
dengan begitu banyaknya perusahaan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penerapan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dalam strategi pemasaran yang
digunakan dengan mempertimbangkan aspek-aspek pemasaran Islami. Selanjutnya juga untuk
menjelaskan dampak penerapan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang
ditinjau dengan pemasaran Islami pada keberhasilan sebuah strategi pemasaran. Lokasi
penelitian ini adalah di kantor pos besar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bersumber dari aktivitas
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada bagian
pemasaran di kantor pos besar Yogyakarta terdapat dua bagian, yaitu bagian penjualan korporat
kurir dan logistik, dan penjualan jasa keuangan. Lalu kedua bagian tersebut menerapkan
konsep STP marketing yang berbeda satu sama lain dalam melakukan kegiatan pemasarannya.
Dalam penerapannya, pemasaran di kantor pos besar Yogyakarta juga melakukan kegiatan
pemasaran dengan pendekatan pemasaran islami, sesuai dengan karakteristik marketing
syariah.
Collections
- Islamic Economics [827]