Show simple item record

dc.contributor.authorLatifah, Hanifah Rodhiatul
dc.date.accessioned2024-01-26T01:45:15Z
dc.date.available2024-01-26T01:45:15Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47046
dc.description.abstractKualitas layanan merupakan faktor yang sangat penting bagi perbankan syariah syariah untuk mempertahankan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung kualitas layanan syariah serta peran dari Artificial Intelligence (AI) pada nasabah Bank Syariah Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Mei – Juli 2023 dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara kepada nasabah Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif studi kasus atau perolehan data dengan cara wawancara sebanyak 3 responden pegawai Bank Syariah Indonesia serta 15 responden nasabah Bank Syariah di Yogyakarta dan dari berbagai sumber literatur seperti buku, artikel jurnal, maupun penelitian terdahulu. Analisis data secara deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan seluruh data yang objektif maupun subjektif terhadap penelitian dan kemudian melakukan analisis serta membandingkan berdasarkan dari data yang nyata sesuai dengan pada saat ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan Artificial Intelligence sangat membantu untuk menyelesaikan terkait pertanyaan nasabah serta keluhan yang dirasakan nasabah tanpa berkontak langsung dengan karyawan terkhusus pada Customer Service. Teknologi AI ini akan meminimalisir nasabah untuk komplain langsung dengan bank syariah dalam pengisian formulir Pandangan nasabah terhadap layanan berbasis Artificial Intelligence ini sangat bermanfaat karena dapat menyelesaikan masalah yang dialaminya, dengan adanya AI ini nasabah dapat komplain kapan saja dan dapat menghemat waktu untuk mendapatkan informasi yang cepat. Penerapan sistem AI di bank syariah harus memperhatikan prinsip-prinsip syariah untuk mengembangkan teknologi dan layanan. Dalam teknologi AI interakasi nasabah dengan bank syariah akan saling membutuhkan satu sama lain untuk membantu mengembangkan teknologi tersebut dan mengakses informasi secara cepat dan tepat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectArtificial Intelligenceen_US
dc.subjectKualitas Layananen_US
dc.subjectNasabahen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Layanan Berbasis Artificial Intelligence pada Nasabah Bank Syariah Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19423156


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record