Show simple item record

dc.contributor.authorFahriyah, Siti
dc.date.accessioned2024-01-26T01:16:33Z
dc.date.available2024-01-26T01:16:33Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47038
dc.description.abstractPerilaku konsumtif ialah gaya hidup atau perilaku individu yang senang membelanjakan uang yang dimilikinya tanpa pertimbangan yang matang sehingga dapat dikatakan bahwa perilaku tersebut lebih memetingkan keinginan atau nafsu semata dibandingan dengan kebutuhan. Perilaku konsumtif ini banyak melanda masyarakat terutama mahasiswa, hal ini dikarenakan mahasiswa merupakan konsumen yang memiliki karakter yang khas, seperti mudah tertarik pada mode, impulsif, dan mudah terpengaruh iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self control dan pengetahuan etika konsumsi islam terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu self control, dan pengetahuan etika konsumsi islam. Lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan penyebaran kuesioner pada 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 150 responden dengan skala penelitian menggunakan continuous rating scale. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel self control berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 yang berarti < 0.05, dan variabel pengetahuan etika konsumsi islam tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan signifikansi sebesar 0.912 yang berarti > 0.05. Sedangkan, hasil uji f menunjukkan bahwa variabel self control dan pengetahuan etika konsumsi islam berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 yang berarti < 0.05.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSelf Controlen_US
dc.subjectPengetahuan Etika Konsumsi Islamen_US
dc.subjectPerilaku Konsumtifen_US
dc.titlePengaruh Self Control dan Pengetahuan Etika Konsumsi Islam Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Self Control and Knowledge of Islamic Consumption Ethics on The Consumptive Behavior of Indonesian Islamic University Studentsen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19423090


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record