Pengaruh Self Control dan Pengetahuan Etika Konsumsi Islam Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Indonesia
Abstract
Perilaku konsumtif ialah gaya hidup atau perilaku individu yang senang membelanjakan
uang yang dimilikinya tanpa pertimbangan yang matang sehingga dapat dikatakan bahwa
perilaku tersebut lebih memetingkan keinginan atau nafsu semata dibandingan dengan
kebutuhan. Perilaku konsumtif ini banyak melanda masyarakat terutama mahasiswa, hal
ini dikarenakan mahasiswa merupakan konsumen yang memiliki karakter yang khas,
seperti mudah tertarik pada mode, impulsif, dan mudah terpengaruh iklan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh self control dan pengetahuan etika konsumsi islam
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu self control, dan pengetahuan etika konsumsi islam.
Lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data
yang digunakan adalah data primer dengan penyebaran kuesioner pada 150 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 150
responden dengan skala penelitian menggunakan continuous rating scale. Hasil analisis
data menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel self control berpengaruh terhadap
perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan nilai signifikansi
sebesar 0.001 yang berarti < 0.05, dan variabel pengetahuan etika konsumsi islam tidak
berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan
signifikansi sebesar 0.912 yang berarti > 0.05. Sedangkan, hasil uji f menunjukkan bahwa
variabel self control dan pengetahuan etika konsumsi islam berpengaruh secara simultan
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan nilai
signifikansi sebesar 0.001 yang berarti < 0.05.
Collections
- Islamic Economics [828]