Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Bagas Wahyu
dc.date.accessioned2024-01-25T03:45:45Z
dc.date.available2024-01-25T03:45:45Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47009
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pada siswa kelas 1 dan 2 di SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo. Guru berupaya mengimplementasikan strategi yang relevan guna meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2; 2) Menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2; 3) Menganalisis hambatan yang dialami guru dalam penerapan strategi meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, sebagai bagian dari penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Informan penelitian mencakup kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan guru PAI. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan sebagai sarana uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2 SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo masih rendah. Siswa masih terbata-bata dalam membaca dan masih melakukan pengejaan saat membaca. Adapun strategi guru kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa adalah guru mengunakan media flashcard untuk mengenalkan huruf dan membaca kata, guru menggunakan strategi membacakan dan menceritakan kepada siswa, guru menerapkan strategi pengulangan (drill). Peneliti juga menemukan adanya hambatan yang dialami guru dalam implementasi strategi belajar membaca. Hambatan tersebut berasal dari faktor internal siswa, seperti rendahnya tingkat konsentrasi siswa saat proses belajar membaca, siswa yang mudah merasa jenuh saat belajar membaca, dan suasana hati yang kurang bagus sehingga berdampak pada rendahnya semangat belajar siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.subjectHambatan Guruen_US
dc.titleStrategi Guru Kelas dalam meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas 1 dan 2 di SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo Sragen Jawa Tengahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422075


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record