Strategi Guru Kelas dalam meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas 1 dan 2 di SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo Sragen Jawa Tengah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pada
siswa kelas 1 dan 2 di SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo. Guru berupaya
mengimplementasikan strategi yang relevan guna meningkatkan kemampuan
membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan
membaca siswa kelas 1 dan 2; 2) Menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru
dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2; 3) Menganalisis
hambatan yang dialami guru dalam penerapan strategi meningkatkan kemampuan
membaca.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, sebagai bagian dari
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Informan penelitian mencakup kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan
guru PAI. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan
sebagai sarana uji keabsahan data.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, kemampuan membaca siswa kelas
1 dan 2 SD Negeri Pandak 2 Sidoharjo masih rendah. Siswa masih terbata-bata
dalam membaca dan masih melakukan pengejaan saat membaca. Adapun strategi
guru kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa adalah guru
mengunakan media flashcard untuk mengenalkan huruf dan membaca kata, guru
menggunakan strategi membacakan dan menceritakan kepada siswa, guru
menerapkan strategi pengulangan (drill). Peneliti juga menemukan adanya
hambatan yang dialami guru dalam implementasi strategi belajar membaca.
Hambatan tersebut berasal dari faktor internal siswa, seperti rendahnya tingkat
konsentrasi siswa saat proses belajar membaca, siswa yang mudah merasa jenuh
saat belajar membaca, dan suasana hati yang kurang bagus sehingga berdampak
pada rendahnya semangat belajar siswa.
Collections
- Islamic Education [862]