Pengaruh Reliusitas dan Marketing Mix terhadap Keputusan Mahasiswa UII menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan marketing mix
secara parsial ataupun simultan terhadap keputusan mahasiswa Universitas Islam
Indonesia menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Data yang digunakan
merupakan data primer dengan metode penyebaran kuesioner dalam bentuk google
form dengan didapatkan sampel data sebanyak 111 responden. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dengan responden merupakan
mahasiswa aktif Universitas Islam Indonesia tahun angkatan 2019,2020,2021,2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda yang dalam pengolahan data menggunakan aplikasi IBM
SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya tingkat
religiusitas dan marketing mix berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menjadi
nasabah Bank Syariah Indonesia baik secara parsial maupun secara simultan.
Secara parsial, variabel independen religiusitas (X1) dan marketing mix (X2) juga
berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa UII menjadi nasabah Bank Syariah
Indonesia dengan nilai t hitung variabel religiusitas sebesar 2,076 dan nilai t hitung
pada variabel marketing mix sebesar 9,065. Sehingga variabel independen
religiusitas (X1) dan marketing mix(X2) dinyatakan berpengaruh baik parsial
maupun simultan terhadap keputusan mahasiswa UII menjadi nasabah Bank
Syariah Indonesia.Sedangkan secara simultan nilai koefisien determinasi (R2)
adalah 52,5% dengan artian bahwa variabel independen yaitu religiusitas(X1) dan
marketing mix(X2) berpengaruh secara simultan sebesar 52,5% terhadap keputusan
mahasiswa UII menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.
Collections
- Islamic Economics [827]