Strategi Community Development PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU pada Program Taman Budaya Suralaya
Abstract
Kegiatan Community Development adalah salah satu program Corporate Social
Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat memberikan jalan kepada
masyarakat supaya dapat mencapai kondisi sosial yang lebih baik, lebih berdaya, mandiri,
dan sejahtera. Salah satu program Community Development PT. PLN Indonesia Power
Suralaya PGU yang berhasil mendapatkan dua penghargaan adalah program Taman Budaya
Suralaya (TBS). Program Taman Budaya Suralaya (TBS) merupakan sebuah bentuk
pemberdayaan dan sinergi budaya yang berbasis pada lingkungan dan budaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Community
Development PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU pada Program Taman Budaya
Suralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang
dengan pengambilan data melalui wawancara langsung kepada pihak terkait, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil yang ditemui dalam penelitian ini adalah strategi Community Development
yang digunakan oleh PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU pada Program Taman Budaya
Suralaya adalah 1) Pembuatan Social Mapping dan Roadmap dalam menentukan sasaran
dan target Program Taman Budaya Suralaya. 2) Pendekatan melalui Forum Group
Discussion, Key Person, dan Person To Person dalam memahami harapan komuniti dan
stakeholder. 3) Menciptakan kerjasama dengan beberapa Stakeholder pada Program Taman
Budaya Suralaya guna menciptakan masyarakat yang mandiri. 4) Memberikan pelatihan dan
infrastruktur guna meningkatkan potensi masyarakat binaan Taman Budaya Suralaya.
Collections
- Communication [949]