Representasi Maskulinitas Dalam Video Klip BTS
Abstract
Perkembangan industri hiburan Korea Selatan menjadi sangat berkembang dan terkenal.
Adanya trend Korean Pop (K-Pop), popularitas negara Korea Selatan menjadi luar biasa. Salah
satunya tema tentang maskulinitas. Konsep maskulinitas selalu berkaitan dengan laki-laki.
Maskulinitas merupakan sebuah kelaziman tentang laki-laki yang dapat di kontraskan dengan
feminimitas sebagai kelaziman bagi wanita. Maskulinitas adalah sebuah konstruk kelaki-lakian
terhadap laki-laki. Dalam penelitian ini video klip yang akan peneliti gunakan sebagai objek
penelitian berjudul Representasi Maskulinitas dalam Video Klip BTS. Peneliti memilih video
klip BTS karena boyband ini berhasil memperoleh banyak penggemar. Maka dalam penelitian
ini, peneliti akan menjelaskan bagaimana maskulinitas direpresentasikan dalam video klip BTS
Boy with Luv, Dynamite dan Butter. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi
maskulinitas yang ada dalam video klip BTS Boy with Luv, Dynamite dan Butter. Peneliti
menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk dapat menemukan makna denotasi,
konotasi, mitos yang terdapat pada potongan-potongan gambar yang mengandung unsur
matriarki. Serta menggunakan metode kualitatif. Peneliti memilih 5 potongan gambar yang
akan dianalisis lebih dalam, karena peneliti melihat gambar tersebut menunjukkan maskulinitas
yang dinilai dari pakaian, make up, latar tempat dan lainnya. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adalah adanya indikasi maskulinitas yang ditandai dengan pakaian, make up, latar
tempat dan lainnya yang digunakan anggota BTS dalam proses pembuatan video klip.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tanda maskulinitas dari video klip BTS ditemukan pada
pakaian, latar tempat dan make up yang digunakan anggota BTS.
Collections
- Communication [958]