Potret Maskulinitas dalam Iklan Perawatan Tubuh
Abstract
Di Indonesia iklan-iklan Produk Perawatan tubuh di Indonesia masih berciri khas
dengan penggunaan pemeran perempuan. Iklan yang sedang naik daun yaitu terkait
produk Pantene, MS Glow, dan Body Shop. Dalam iklan ini sendiri, pemeran yang
digunakan tidak lagi seorang perempuan, melainkan laki-laki. Dimana, seiring
berkembangnya zaman membuat pandangan masyarakat berubah. Penggunaan aktor
dalam iklan perawatan tubuh lewat media massa tentunya akan meyakinkan orang-orang
bahwa pria perlu perawatan tubuh. Untuk mengubah pandangan tersebut perlu
dilakukannya penjelasan representasi maskulinitas penggunaan produk perawatan tubuh
dengan teori Semiotika Peirce. Dari ketiga iklan yang telah diteliti, diketahui bahwa
representasi maskulinitas pada iklan Pantene Miracle Hair Supplement ditandai dengan
pemilihan rambut gondrong pada aktor dan pemilihan warna pada pakaian. Pada iklan
MS Glow, ditunjukkan dengan mencuci muka dengan sabun pencuci wajah, penggunaan
komika sebagai aktor, penggunaan sabun cuci muka serta penggunaan handuk yang
berfokus pada pemilihan warna. Dan pada iklan The Body Shop dengan adegan
membersihkan wajah serta memperlihatkan wajah aktor. Dimana indikator representatif
maskulinitas yang didapatkan terdiri dari pria berambut gondrong, pemilihan pakaian,
melakukan perawatan tubuh, pemilihan aktor dalam iklan. Oleh sebab itu berdasarkan
temuan dalam penelitian ini diketahui bahwa setiap era baru akan menambah pengertian
maskulinitas yang tidak hanya terbatas oleh stereotype.
Collections
- Communication [952]