Show simple item record

dc.contributor.authorAkbar, Hendi
dc.date.accessioned2024-01-18T06:53:48Z
dc.date.available2024-01-18T06:53:48Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46759
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing berita yang dilakukan oleh media online Tribunjogja.com dan Suara.com terkait dengan pemberitaan pemindahan ibu kota baru Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan model framing yang dikemukakan oleh William A. Gamson dan Andre Modigliani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan mengumpulkan data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tribunjogja.com lebih banyak memberitakan informasi yang bersumber dari justifikasi pemerintah terhadap pemindahan ibu kota, dengan upaya mempengaruhi persepsi publik melalui framing yang menekankan partisipasi masyarakat, keberlanjutan lingkungan, kesederhanaan pemimpin, dan visi transformasi nasional. Di sisi lain, Suara.com lebih banyak menampilkan berita kritik dari masyarakat dan tokoh publik terhadap keputusan pemerintah, termasuk perdebatan terkait pemilihan nama ibu kota baru dan penunjukan kepala otorita. Framing-framing ini mencerminkan perbedaan pandangan dan memberikan penekanan pada aspek-aspek tertentu terkait pemindahan ibu kota baru. Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa media tidak selalu netral dalam menyampaikan berita, dan analisis framing dapat digunakan untuk memahami cara media membingkai suatu isu.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemindahan Ibu Kotaen_US
dc.subjectFramingen_US
dc.subjectTribunjogjaen_US
dc.subjectSuaraen_US
dc.titlePemberitaan Isu Pemindahan Ibukota Baru pada Media Online (Analisis Framing Model Gamson dan Modigliani Terhadap Tribunjogja.com Dan Suara.com)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321290


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record