Studi Uses and Gratification Followers Narasi TV terhadap Konten Pemberitaan pada Media Sosial Tiktok
Abstract
Audiens atau followers memiliki kekuatan dalam menciptakan makna secara bebas
dan bertindak sesuai dengan makna yang mereka ciptakan dari sebuah informasi yang ada
pada media. Media sosial adalah salah satu bentuk kemudahan dari era internet ini. Saat ini
media sosial yang sedang menjadi trending di tengah-tengah masyarakat adalah media sosial
Tiktok, yang mana Tiktok ini membawa hal baru, sebab beberapa media termasuk media
Narasi TV memberikan informasi melalui platform Tiktok untuk menyebarluaskannya. Hal
ini tentu menjadi fenomena baru, karena konten video yang ditayangkan pada Tiktok
memiliki bentuk format penyampaian dan juga pembawaan yang berbeda dari medium
lainnya. Dalam penelitian ini yan menjadi subjek utama adalah followers akun Tiktok Narasi
TV. Peneliti memilih followers sebagai subjek dalam penelitian, dikarenakan peneliti ingin
mengetahui bagaimana followers sebagai audiens atau yang menonton konten video
pemberitaan tersebut melihat konten pemberitaan pada media sosial Tiktok. Followers yang
telah dipilih peneliti memiliki berbagai perbedaan mulai dari latar belakang pekerjaan,
pendidikan, daerah, usia, dan lingkungan. Hal ini guna mencari data yang lebih variatif.
Tujuan dari penelitian ini mengetahui untuk mengetahui kepuasan followers dari akun
Tiktok Narasi TV ketika mengamati konten pemberitaan yang diposting pihak Narasi TV
melalui media sosial Tiktok. Followers yang diambil peneliti sebanyak 10 orang yakni 6
orang perempuan dan 4 orang laki-laki sebagai informan. Metode yang digunakan, yaitu studi
uses and gratification, dengan menggunakan cara observasi dan wawancara sebagai sistem
mencari informan dibantu dengan penyebaran google form sebagai data diri informan.
Pencarian informan menggunakan teknik purposive sampling, dimana teknik ini
mengutamakan ciri-ciri yang diinginkan peneliti. Kriteria tersebut berupa, followers aktif dari
akun Narasi TV. Penelitian ini terdapat dua poin utama yaitu, kepuasan followers Narasi TV
terhadap konten pemberitaan dan tentang kebutuhan informasi followers pada akun Tiktok
Narasi TV. Dari adanya dua poin tersebut, peneliti menemukan hasil pada poin pertama yaitu
9 informan merasa puas dengan konten pemberitaan Tiktok Narasi TV dalam proses
penerimaan pesan dan 1 informan tidak merasa cukup puas atau masih memerlukan informasi
tambahan. Sedangkan poin kedua terdapat 2 informan terpenuhi kebutuhan informasinya
setelah melihat konten pemberitaan Tiktok Narasi TV dan 8 informan sisanya masih
memerlukan informasi tambahan untuk menambah sudut pandang baru pada media yang
berbeda.
Collections
- Communication [964]