Show simple item record

dc.contributor.authorAghniya, Nuzullul
dc.date.accessioned2024-01-18T02:17:26Z
dc.date.available2024-01-18T02:17:26Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46709
dc.description.abstractRuas Jalan Kapten Haryadi merupakan salah satu ruas jalan alternatif menuju pusat pemerintahan Kabupaten Sleman. Terjadinya peningkatan volume lalu lintas setiap tahun sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dan pemeliharaan secara rutin supaya jalan tersebut dapat melayani lalu lintas dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan dengan metode Pavement Condition Index (PCI), mengetahui nilai lapis tambahan dan lapis perkerasan baru menggunakan metode Bina Marga 2017, dan respon tegangan dan regangan perkerasan menggunakan Program KENPAVE. Penelitian ini menggunakan data primer berupa jenis kerusakan yang diidentifikasi melalui survei secara langsung di lapangan dan tebal lapis perkerasan existing yang dilakukan dengan pengujian test-pit aspal. Adapun data sekunder yang diperoleh dari Dinas PUP-ESDM D.I. Yogyakarta berupa data perkerasan jalan, LHR 2020-2022, CBR, dan data lendutan tahun 2022. Hasil analisis menunjukkan kondisi Jalan Kapten Haryadi dalam kategori sedang dengan nilai PCI tertinggi sebesar 77 dan terendah sebesar 22. Hasil analisis untuk lapis overlay diperoleh tebal lapis AC-WC 4 cm dan AC-BC 6 cm. Pada perkerasan baru diperoleh tebal lapis AC-WC 4 cm, AC-BC 6m, AC-Base 8 cm, Lapis Pondasi Kelas A 30 cm, dan Lapis Pondasi Tambahan Kelas S 20 cm. Kemudian hasil pemodelan dari Program KENPAVE menunjukkan bahwa perkerasan dengan overlay tidak mampu mengakomodasi beban lalu lintas hingga tahun ke-10, begitu pula pada lapis perkerasan baru yang mengalami kerusakan deformasi permanen pada tahun ke-6 sehingga tidak dapat mengakomodasi beban lalu lintas hingga tahun ke-20.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBina Marga 2017en_US
dc.subjectKENPAVEen_US
dc.subjectPCIen_US
dc.titleEvaluasi Kondisi Perkerasan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Mekanistik-empirik pada Jalan Kapten Haryadi, Slemanen_US
dc.title.alternativeEvaluation of Pavement Condition by using Pavement Condition Index (PCI) and Mechanistic-emperical Methods on Kapten Haryadi Road, Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17511178


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record