Show simple item record

dc.contributor.authorSiregar, Ahmad Alkindi
dc.date.accessioned2024-01-12T01:50:30Z
dc.date.available2024-01-12T01:50:30Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46465
dc.description.abstractImplementasi pendidikan karakter merupakan proses penanaman karakter dengan tujuan menumbuhkan perilaku akhlakul karimah sehingga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter perlu ditumbuhkan kepada peserta didik agar dapat menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan bermoral. Pendidikan karakter dapat ditanamkan dalam pendidikan islam seperti tahsin Al-Qur’an. Tahsin Al-Qur’an dapat menjadi sarana bagi lembaga pendidikan dalam mengajarkan peserta didik fasih membaca Al- Qur’an sekaligus penanaman karakter. Penelitian ini berusaha mengungkap secara objektf dan sistematis fakta-fakta dalam menjelaskan implementasi pendidikan karakter serta faktor penghambat dan pendukung melalui implementasi pendidikan karakter dalam program tahsin Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengajar tahsin, peserta didik, dan kepala sekolah SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. Objek penelitian ini berupa implementasi pendidikan karakter pada program tahsin Al-Qur’an. Teknik yang peneliti lakukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokmentasi. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam program tahsin Al-Qur’an pada peserta didik di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 berjalan dengan baik dengan faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanannya. Pengajar memberikan penanaman karakter kepada peserta didik melalui metode dan keteladanan seorang pengajar di dalam dan luar kelas. Selain itu dalam implementasi pendidikan karakter pada program tahsin di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 telah dilakukan pembinaan secara terus menerus demi peningkatan akhlak peserta didik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectTahsin Al-Qur’anen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titleAnalisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Pembelajaran Tahsin di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2en_US
dc.title.alternativeAnalyalizing Character Education Implementation in Tahsin Learning Program at Muhammadiyah Ambarketawang 2 Elementary Schoolen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422173


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record