Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Pembelajaran Tahsin di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2
Abstract
Implementasi pendidikan karakter merupakan proses penanaman karakter
dengan tujuan menumbuhkan perilaku akhlakul karimah sehingga dapat
dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter perlu
ditumbuhkan kepada peserta didik agar dapat menyeimbangkan antara kecerdasan
intelektual dan kecerdasan bermoral. Pendidikan karakter dapat ditanamkan dalam
pendidikan islam seperti tahsin Al-Qur’an. Tahsin Al-Qur’an dapat menjadi sarana
bagi lembaga pendidikan dalam mengajarkan peserta didik fasih membaca Al-
Qur’an sekaligus penanaman karakter. Penelitian ini berusaha mengungkap
secara objektf dan sistematis fakta-fakta dalam menjelaskan implementasi
pendidikan karakter serta faktor penghambat dan pendukung melalui implementasi
pendidikan karakter dalam program tahsin Al-Qur’an di SD Muhammadiyah
Ambarketawang 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah pengajar tahsin, peserta didik, dan kepala sekolah SD Muhammadiyah
Ambarketawang 2. Objek penelitian ini berupa implementasi pendidikan karakter
pada program tahsin Al-Qur’an. Teknik yang peneliti lakukan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokmentasi.
Hasil peneltian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter
dalam program tahsin Al-Qur’an pada peserta didik di SD Muhammadiyah
Ambarketawang 2 berjalan dengan baik dengan faktor pendukung dan penghambat
yang terjadi dalam pelaksanannya. Pengajar memberikan penanaman karakter
kepada peserta didik melalui metode dan keteladanan seorang pengajar di dalam
dan luar kelas. Selain itu dalam implementasi pendidikan karakter pada program
tahsin di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 telah dilakukan pembinaan secara
terus menerus demi peningkatan akhlak peserta didik.
Collections
- Islamic Education [862]