Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas 1 SD dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi
Abstract
Akar permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya
kesulitan yang dialami oleh 2 (dua) orang siswa kelas 1 SDN 108 Bengkulu Utara
sewaktu belajar dirumah. Siswa yang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah
dengan bermain dan tidak ada kegiatan belajar yang dilaksanakan dengan
semestinya selama diberlakukannya pembelajaran daring membuat perkembangan
siswa terhambat. Dalam situasi ini membuat guru SDN 108 Bengkulu Utara
berupaya secepat mungkin untuk mengatasi kesulitan yang dialami agar kesulitan-
kesulitan yang dialami oleh siswa tidak berkepanjangan dan adanya kemungkinan
menambah permasalahan yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan strategi guru dalam membenahi permasalahan yang dialami oleh
siswa kelas 1 SDN 108 Bengkulu Utara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penelelitian ini
dilakukan yang bertempatkan di SDN 108 Bengkulu Utara, Desa Giri Mulya,
Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Subjek dari
penelitian ini meliputi guru kelas 1, guru pai, siswa kelas 1 dan orang tua. Metode
yang digunakan dalam mengambil data adalah: observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa guru dapat
menerapkan strateginya dalam menangani kesulitan yang dialami oleh siswa kelas
1. Komunkasi yang baik antara orang tua dan guru dalam membantu siswa selama
pembelajaran daring, berupa arahan dan saran dan arahan dari guru dalam
membantu mengatasi kesulitan siswa. Akan tetapi dengan memberi kesempatan
bagi siswa kelas 1 untuk belajar dikelas menjadi bagian terpenting guru dalam
mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa, di dalam kelas guru dapat
melanjutkan runtutan hasil kerjasama yang sebelumnya dilakukan dengan orang
tua.
Collections
- Islamic Education [862]