Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Smp Plus Al- Ma’arif Cilaku Cianjur
Abstract
Pendidikan agama menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan,
kemerosotan moral dan rendahnya keimanan seseorang yang terjadi saat ini
menjadi topik permasalahan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Salah
satunya yaitu degradasi moral yang terjadi merupakan faktor rendahnya karakter
religius seseorang, religius pada garis besarnya tercermin dalam pengamalan
akidah, syariah atau dengan ungkapan lain: iman, Islam, dan ihsan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perenan implementasi
pembelajaran kitab kuning dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP
Plus-Al Ma’arif Cilaku Cianjur, dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif, yaitu; observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian yang di lakukan peneliti menyimpulkan bahwa
implementasi pembelajaran kitab kuning dalam pembentukan karakter religius
siswa di SMP Plus Al-Ma’arif dapat meningkatkan religius siswa bersamaan
dengan materi yang telah di tempuh, seperti tata cara beribadah yang sudah
benar, tata cara berpuasa, wudhu dan lain-lain. Pembelajaran tersebut
memberikan dampak yang positive bagi siswa, karena pembelajaran kitab
kuning banyak mengupas tentang ajaran agama islam dan ketauhidan yang
berkaitan dengan keimanan seseorang.
Collections
- Islamic Education [864]