Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Fathiyah Rahmah
dc.date.accessioned2024-01-10T06:00:19Z
dc.date.available2024-01-10T06:00:19Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46406
dc.description.abstractAdab pada peserta didik semakin pudar seiring dengan perkembangan zaman, hal ini menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Perilaku berkaitan adab belajar tidak mungkin diteliti secara empirik jika tidak ada alat ukur yang memadai, sampai saat ini belum ada instrumen yang mengukur adab belajar Islami. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memverifikasi apakah model 6 faktor pada skala Adab Belajar Islami yang didapatkan dari hasil exploratory factor analysis (EFA) fit dengan data empirik, dan untuk memberikan informasi validitas faktorial dari aitem-aitem adab belajar melalui confirmatory factor analysis (CFA). Sebanyak 314 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan model fit indeks berada pada kategori good fit (RMSEA, SRMR, GFI, NFI, NNFI, CFI, dan IFI), aitem-aitem menghasilkan nilai factor loading di atas 0.5, dan nilai reliabilitas yang dihasilkan antar faktor di atas 0.6. Berdasarkan hasil CFA, solusi model 6 faktor fit atau sesuai dalam mengukur adab belajar, tiap aitem memiliki kontribusi yang baik dalam mengukur faktor serta memiliki internal konsistensi yang baik, hal ini mendukung validitas faktorial yang baik bagi skala Adab Belajar Islami.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectValiditas Faktorialen_US
dc.subjectConfirmatory Factor Analysisen_US
dc.subjectAdab Belajar Islamien_US
dc.subjectModel Fiten_US
dc.titleValiditas Faktorial pada Skala Adab Belajar Islami : Studi Confirmatory Factor Analysisen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19320276


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record