Validitas Faktorial pada Skala Adab Belajar Islami : Studi Confirmatory Factor Analysis
Abstract
Adab pada peserta didik semakin pudar seiring dengan perkembangan zaman, hal
ini menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Perilaku berkaitan adab belajar
tidak mungkin diteliti secara empirik jika tidak ada alat ukur yang memadai, sampai
saat ini belum ada instrumen yang mengukur adab belajar Islami. Penelitian ini
bertujuan untuk untuk memverifikasi apakah model 6 faktor pada skala Adab
Belajar Islami yang didapatkan dari hasil exploratory factor analysis (EFA) fit
dengan data empirik, dan untuk memberikan informasi validitas faktorial dari
aitem-aitem adab belajar melalui confirmatory factor analysis (CFA). Sebanyak
314 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan model fit
indeks berada pada kategori good fit (RMSEA, SRMR, GFI, NFI, NNFI, CFI, dan
IFI), aitem-aitem menghasilkan nilai factor loading di atas 0.5, dan nilai reliabilitas
yang dihasilkan antar faktor di atas 0.6. Berdasarkan hasil CFA, solusi model 6
faktor fit atau sesuai dalam mengukur adab belajar, tiap aitem memiliki kontribusi
yang baik dalam mengukur faktor serta memiliki internal konsistensi yang baik, hal
ini mendukung validitas faktorial yang baik bagi skala Adab Belajar Islami.
Collections
- Psychology [2174]